BERITA ONLINE

Rabu, 01 Juni 2011

Pancasila Diminta Masuk Lagi ke Kurikulum Sekolah


Pancasila Diminta Masuk Lagi ke Kurikulum Sekolah
Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mengimbau Pemerintah untuk segera mengembalikan Pancasila sebagai mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah. "Pancasila adalah dasar negara yang menjadi ideologi bangsa Indonesia," kata Priyo Budi Santoso di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (1/6).

Ketua DPP Partai Golkar ini menjelaskan, Pancasila telah digali oleh proklamator Republik Indonesia, Ir Soekarno dari bumi pertiwi dan dicantumkan pada pembukaan UUD 1945. Pancasila, kata dia, diimplementasikan sebagai nilai-nilai luhur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia.

Setelah era Presiden Soekarno, kata dia, niai-nilai Pancasila itu terus dilanjutkan pada era orde baru oleh Presiden Soeharto. "Soekarno dan Soeharto adalah dua putra terbaik bangsa Indonesia yang terus menggali dan melestarikan nilai-nilai Pancasila," katanya.

Menurut dia, setelah era reformasi nilai-nilai Pancasila yang selama ini terekspresi dalam kehidupan bangsa Indonesia mulai menjadi luntur. Apalagi saat ini, kata dia, mata pelajaran moral Pancasila juga sudah dihilangkan sebagai mata pelajaran wajib di sekolah.

Ia juga mengimbau Pemerintah Republik Indonesia untuk terus menggali nilai-nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurut dia, di negara-negara maju seperti Amerika serikat  telah mengajarkan ideologi negaranya melalui pelajaran di sekolah sejak sedini mungkin.(sumber :mediaindonesia.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar